Proses Belajar Mengajar SLB Putra Harapan Tahun Ajaran 2021-2022

Salam hebat untuk kita semua!

Dalam kondisi pandemi Covid 19 tidak mudah bagi anak – anak untuk memahami materi pembelajaran yang dilaksanakan secara daring. Oleh sebab itu, siswa SLB Putra Harapan memerlukan pelayanan lebih dalam proses belajar mengajar. SLB Putra Harapan memiliki kebijakan Program Tahun Ajaran 2021-2022  yang bertujuan untuk membantu siswa yang kesulitan memahami proses belajar mengajar, diantaranya :

  • SEMESTER 1 : Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas max 50 % dari jumlah siswa ( kurang lebih 35 siswa) dan Pembelajaran Jarak Jauh ( daring )
  • SEMESTER 2: Pembelajaran Tatap Muka ( 100 %)

 

Adapun berbagai macam pilihan Program pembelajaran yang mana akan di sesuaikan dengan kemampuan siswa. Program-program tersebut mengacu pada Target Program Pembelajaran Individual yang telah didesign dan diuji cobakan sebelumnya sehingga terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan akademik dan non akademik siswa. Program belajar milik SLB Putra Harapan antara lain:

 

Verbal Behaviour

Membangun konsentrasi

Activity Daily Living (ADL)

Berhitung

Mengenal huruf konsonan

Membaca kata tanpa akhiran

Membaca kata berakhiran

Menulis

Pemahaman Kalimat Tunggal

Komunikasi 2 arah

Keterampilan kerja

 

Target Program Pembelajaran Individual dilaksanakan selama 3 bulan. Jika siswa dalam 3 bulan dapat memenuhi target maka siswa dapat mengganti atau melanjutkan program berikutnya, sebaliknya jika siswa belum bisa memenuhi target pembelajaran maka program pembelajaran individual diulang kembali. Oleh sebab itu pihak sekolah dengan orang tua harus saling bekerjasama untuk dapat memenuhi target yang ditentukan.

Penulis: Jenifer Ratna Ayu Bingtari, S.Psi

Editor: Jayanti Putri Permatasari, S.Pd

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.