Project Based Learning Kelas 1: Bina Diri

 

Apa yang terlintas di pikiran Bapak dan Ibu ketika mendengar istilah Project Based Learing (PBL) ? Metode yang juga dikenal dengan istilah Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) adalah suatu metode pembelajaran di mana  guru menggunakan proyek sebagai media belajar melalui tahapan-tahapan tertentu.

Project Based Learing (PBL) menjadi topik yang menarik beberapa tahun terakhir karena menekankan pada efektivitas pembelajaran. Metode ini memungkinkan Bapak dan Ibu guru untuk mengembangkan proses pembelajaran yang inovatif dan bisa menjadi  salah satu alternatif dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya kegiatan Project Based Learing (PBL), Bapak / Ibu guru serta orang tua bisa menemukan solusi dari permasalahan yang di temui secara langsung di kehidupan sehari-hari.

PERLU DI INGAT

Sandal jepit mungkin sudah menjadi sahabat terdekat kita untuk berjalan-jalan. Tetapi pernahkah terpikir untuk mencuci sandal jepit kita? padahal, setelah sehari-hari sandal jepit diinjak “ mencium” aspal, kita bisa membayangkan apa saja yang menempel di sol maupun permukaannya. dari permukaannya yang sudah mulai dekil saja kita sudah tahu jawabannya. Ada berbagai jenis kuman dan bakteri yang bisa kita temukan dijalanan.

Pada semester II ini SLB Putra Harapan mengadakan program baru yang bertajuk Project Based Learing (PBL), yang telah dilaksanakan pada akhir bulan Maret lalu.

PBL atau Project Based Learning ini dilaksanakan bertujuan agar guru, murid dan orang tua mampu bersinergi membuat Project bersama-sama demi untuk mengembangkan dan membantu merespon siswa agar mampu latih dan mandiri.

Kegiatan Project Based Learing (PBL) ada beberapa tema yang akan dihadirkan. Nah.., Tema kegiatan Project Based Learing (PBL) di kelas 1 adalah Bina Diri. Jenis kegiatan kali ini adalah Mencuci Sandal. Kegiatan tersebut  telah dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2022 di salah satu kediaman siswa. Kegiatan ini bertujuan agar siswa mampu menjaga kebersihan diri dan melatih gerak motorik halus anak.

Perlu di ingat melatih siswa menjaga kebersihan itu perlu, sebab menjaga kebersihan  juga memberikan kenyamanan dan kepercayaan diri. Dan pada kegiatan kali ini siswa juga dikenalkan alat yang diperlukan pada saat mencuci sandal. antara lain : sandal kotor, sabun, sikat dan air bersih. kemudian siswa mengikuti langkah-langkah yang ada. dari mulai menyiram sandal, kemudian memberikan sabun pada sandal dan menyikat sandal sampai bersih. kegiatan yang dilakukan tersebut dilakukan agar siswa dapat melakukan gerak pada motorik halusnya. setelah selesai sandal bisa dijemur/dianginkan saja supaya lekas kering.

Tindak lanjut kegiatan tersebut adalah siswa mengumpulkan video  mencuci sandal per 2 minggu.

Penulis: Ike Widiawaty, S.Pd

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.